Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Fakta Unik Menstruasi Bagi Wanita

dhika info



Secara normal, wanita mengalami menstruasi setiap bulannya. Hal itu membuat wanita terkadang merasa nyeri perut, kram, pusing, bad mood, mual dan masih banyak lainnya. Seperti dilansir dari sidomi.com ada beberapa fakta menarik lainnya ketika wanita sedang menstruasi.


Fakta Unik menstruasi

Adapun Fakta Unik menstruasi tersebut antara lain :
Kurang zat besi, jika siklus berlangsung singkat
Siklus haid normal yang dialami wanita adalah 28-35 hari sekali dimulai ketika awal pertama haid. Jika siklus haid hanya singkat, seperti 20 hari atau malah kurang dari itu, maka itu tandanya kekurangan zat besi, fibroid, dan hemoglobin rendah. Untuk menanganinya, perbanyak makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti sayur hijau.
Kram, berarti hormon esterogen tinggi
Biasanya awal haid terasa kram di wilayah perut dan sekitarnya. Ini dikarenakan aliran darah yang mengalir ke arah kelamin dalam jumlah banyak serta cepat, hal ini mengakibatkan aliran di saraf punggung serta kaki juga muncul kram. Hal ini juga mungkin sebagai pertanda hormon esterogen tinggi. Solusinya, kurangi garam dalam masa menjelang menstruasi. Hal ini akan membuat aliran darah lebih lancer dan kandungan hormone seimbang.
Lemak tubuh kurang dari 8-12 persen, haid akan berhenti
Siklus menstruasi juga berhubungan dengan lemak di tubuh anda. Jika dibawah 8-12 persen, maka siklus akan lebih lama, atau bahkan akan berhenti menstruasi (amneore).
Banyak gula, PMS akan parah
Terlalu banyak makanan yang mengandung gula, maka akan memperparah sakit saat mensturasi. Kurangi asupan gula, konsumsi lebih banyak sayur dan buah menjelang masa menstruasi agar tidak terlalu sakit ketika menstruasi datang

0 komentar:

Post a Comment