Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Kenali Tanda Lahir Serta Artinya Bagi Kesehatan

dhika info



Tanda lahir adalah perubahan suatu area kulit yang muncul saat lahir atau segera setelah lahir. Kebanyakan diantaranya tidak berbahaya. Biasanya dokter tidak tahu alasan tanda lahir itu muncul dan tidak dapat dicegah.

Tanda lahir terdiri dari 2 jenis utama. Jenis pertama dikarenakan oleh pertumbuhan pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Jenis kedua dikarenakan oleh produksi yang terlalu banyak pigmen di kulit, kata Danielle M. Miller, MD, dermatology di klinik lahey di Burlington, Massachusets
1. Salmon Patch atau macular stain (tidak berbahaya)

Salmon Patch

Tanda lahir warna merah samar ini biasanya terdapat di dahi, kelopak mata, leher atau belakang kepala. Patch salmon tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan. Biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa tahun.

2. Port Wine (berbahaya kalau dekat mata)

Port Wine

Tanda lahir ini warna  merahnya lebih tebal hingga keunguan dan terjadi pada sekitar 3 dari 1000 bayi. Port wine dapat menebal dan bergelombang seiring dengan bertambanhya usia serta berkaitan dengan meningkatnya tekanan pada mata.
Anak-anak yang memiliki port wine harus diperiksa oleh special mata. Hal ini karena tidak bias hilang sendiri namun dapat dihilangkan dengan laser.

3. Strawberry hemangioma (tidak berbahaya)

Strawberry hemangioma

Hemangioma merupakan tumbuhnya pembuluh darah kecil yang terjadi pada sekitar 400.000 bayi setiap tahun di amerika serikat. Tanda lahir ini muncul ketika saat lahir atau setelah lahir dan warnanya merah menonjol di atas kulit hingga tampak seperti stroberi.
Tanda ini dapat muncul dimana saja dan tumbuh pesat selama 6 bulan. Biasanya tanda ini akan hilang sebesar 70% dan umumnya tidak perlu pengobatan.
4. Cavernous hermangioma (bias berbahaya)

Cavernous hermangioma

Hampir sama dengan strawberry hemangioma, namun letaknya lebih dalam di lapisan kulit, sehinggaberwarna kebiruan. Tanda lahir ini memang bisa memudar seeiring dengan bertambahnya usia, namun perlu diobati jika terletak di dekat mata, hidung, atau mulut serta mengganggu pemandangan, makan atau pernapasan.
Cara menghilangkannya, biasanya dengan perawatan laser. Bila menggunakan obat-obat pengecil pembuluh darah, maka akan lebih efektif dan kecil kemungkinannya risiko jaringan parut.
5. Venous malformations (perlu diobati)

Venous malformations

Tanda lahir ini berada didekat kulit serta jarang ditemui. Tanda lahir ini sebenarnya adalah jalinan pembuluh darah yang ukurannya lebih besar dan lebih kelihatan dari tanda lahir lainnya.
Tanda lahir ini tidak hilang bila tidak diobati. Selain melalui pengobatan serta operasi, dapat dihilangkan dengan embolisasi, yakni prosedur penyumbatan pembuluh darah untuk membuat tanda lahir mnegecilkan ukurannya.
6. Pigmented Nevi atau Tahi Lalat umum (Tidak Berbahaya)

Pigmented Nevi atau Tahi Lalat umum

Tanda lahir ini lebih akrab dengan sebutan tahi lalat yang muncul ketika lahir dan bertahan seumur hidup. Prosentasenya sekitar 1 dari 100 bayi lahir memiliki tahi lalat. Warna yang muncul antara warna cokelat hingga hitam dengan berbagai bentuk dan ukuran. Munculnya secara tiba-tiba, banyak dan dimana saja dibagian kulit. Jenis ini membutuhkan pengobatan dan risiko menjadi kanker hanya sekitar 1 persen.
7. Dysplastic Nevi atau Tahi Lalat besar (Bisa Berbahaya)
 Dysplastic Nevi atau Tahi Lalat besar

Tanda lahir ini juga merupakan tahi lalat, namun risiko berkembang menjadi kanker lebih tinggi. Apabila semaikn banyak dan besar ukurannya, maka risiko kanker juga semakin tinggi.
Tahi lalat yang berukuran 10 cm atau lebih saat lahir di alami oleh 1 dari 20.000 bayi lahir.
Tahi lalat yang mencakup area kulit yang luas disebut nevi bawaan raksasa dan risikonya berkembang menjadi kanker kulit sebesar 6 persen.
8. Mongolia Spots (Tidak Berbahaya)

Mongolia Spots

Tanda lahir ini muncul pada bayi berupa kulit gelap. Biasanya terdapat di punggung bawah atau bokong dan terlihat seperti memar datar. Tanda lahir ini biasanya menghilang ketika mencapai usia sekolah.
Mongolia spot adalah tonjolan berpigmen dalam di bawah kulit dengan warna biru atau abu-abu. Tanda lahir ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan.
9. Cafe au Lait Spots (Bisa Berbahaya)

Cafe au Lait Spots

Istilah ini berarti kopi susu. Sesuai dengan warna tanda lahir yang warnanya kecoklatan. Tanda lahir ini dapat muncul dimanapun dan mampu membesar bersamaan dengan bertambahnya usia.
Tanda lahir ini bisa menjadi tanda penyakit yang disebut neurofibromatosis, penyakit keturunan langka yang menyebabkan tumor tumbuh pada jaringan syaraf. Sebaiknya bayi dengan tanda lahir seperti ini perlu diperiksakan oleh ahli syaraf. 

10. Nevus Sebaceous (Sangat Berbahaya)

 Nevus Sebaceous

Tanda ini umumnya muncul pada kulit kepala atau wajah sebagai plak berwarna kuning. Pada masa pubertas, tanda ini malah semakin jelas dan menonjol. Walaupun sangat jarang dijumpai, tanda lahir ini berisiko tinggi menjadi kanker kulit sehingga perlu adanya upaya pembedahan pada usia dini untuk mencegahnya menjadi kanker.

0 komentar:

Post a Comment