Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Tips Agar Cairan Tubuh Tetap Terjaga Saat Berpuasa

dhika info



Normalnya tubuh seseorang membutuhkan 2 liter air atau sekitar 8 gelas per hari. Hal ini juga berlaku ketika bulan puasa tiba, walau tidak makan sejak subuh hingga hingga adzan maghrib tiba, perlu dijaga kebutuhan air minum anda.

Dokter Speliasis Gizi Klinik Saptawati Bardosono mengatakan, kebutuhan cairan saat puasa bisa disiasati dengan minum air putih saat sahur dan berbuka.

Tips Agar Cairan Tubuh Tetap Terjaga Saat Berpuasa

Waktu sahur usahakan setidaknya minum dua gelas air putih. Lalu setelah tiba waktu berbuka, dahulukan untuk meminum air putih.
"Saat berbuka segera pulihkan energi dan cairan tubuh yang sudah terkuras dengan makanan manis secukupnya dan minum air putih dua gelas," terang Saptawati seperti dilansir dari Kompas.com
Air putih dinilai lebih sehat karena tidak mengandung pemanis, apalagi pengawet. Boleh mengonsumsi minuman yang manis, asalkan tidak berlebihan. Lalu dapat diteruskan dengan makan berat dan meminum kembali air putih sebelum tidur.
 "Dapat mengonsumsi air putih secara bertahap sampai empat gelas," ujar Saptawati dari Indonesian Hydration Working Group (IHWG) ini.
Ia mengungkapkan bahwa minum air putih sangat penting agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kekurangan cairan juga berakibat tubuh terasa lemah saat berpuasa.

0 komentar:

Post a Comment