Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Manfaat Tidur Siang Yang Menyehatkan




Siang hari seringnya merupakan waktu yang cukup luang bagi setiap orang. Apalagi terkadang siang hari juga bisa dikatakan berat untuk para karyawan karena waktu yang tepat untuk istirahat, makan siang dan setelah itu kantuk bisa menghinggapi. Awalnya memang menguap yang datang dengan sendirinya tanpa bisa terbantahkan.

Walaupun tidur siang ada sebagian yang menanggapinya tidak penting, namun sebenarnya memiliki manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh, Berikut beberpa manfaat tidur siang : 

manfaat tidur siang

Meningkatkan kemampuan memori
Ketika seseorang sedang tidur, informasi ditransfer ke neokorteks, dimana informasi tersebut dipadatkan ke dalam memori jangka panjang. Semakin sering tidur, maka kemampuan memori juga akan meningkat.
Meningkatkan produktivitas
Jadwal acara yang padat membutuhkan produktivitas yang tinggi. Salah satu cara untuk mensiasatinya dengan selalu menyisihkan waktu untuk tidur siang setidaknya selama 30 menit. Cara tersebut efektif untuk menyegarkan tubuh dan menurunkan tingkat stres sehingga akan membuat lebih produktif.
Mengatasi efek kurang tidur
Ketika waktu tidur malam terganggu, maka dapat digantikan dengan tidur siang. Perlu diperhatikan adalah ketika anda kurang tidur, maka tubuh anda akan melepas keklebihan kortisol yang melemahkan kekebalan, meningkatkan lemak perut, menghambat memori, dan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon anda.
Meningkatkan mood
Kurang tidur juga akan berpengaruh pada kondisi psikis, seperti mudah marah dan cemas. Dengan tidur siang, maka akan memicu pelepasan serotonin yang mampu meningkatkan mood anda.
Meningkatkan tingkat kewaspadaan
Banyak penelitian yang mengatakan bahwa para karyawan yang menggunakan waktu untuk tidur siang mengalami peningkatan produktivitas sebesar 34% dan kewaspadaan hingga 100%.
Mempertajam naluri
Ketika anda menyadari bahwa setelah tidur siang anda merasa lebih baik, maka hal ini karena tidur siang ternyata dapat meningkatkan persepsi sensorik anda sehingga  naluri anda akan lebih tajam, merasa lebih bahagia, dan nafsu makan anda membaik.

0 komentar:

Post a Comment