Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Pentingnya Minum Air Putih Bagi Tubuh Kita




Kebiasaan membawa botol air minum ketika mengadakan perjalanan atau berada di luar ruangan belum menjadi kebiasaan di masyarakat. Bila mengalami kehausan, kebanyakan lebih memilih membeli sebotol minuman ringan aroma the, bersoda, maupun air mineral.

Kebutuhan untuk memenuhi cairan dalam tubuh sangatlah mutlak. Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metamolisme tubuh. Bila asupan cairan dalam tubuh tidak selaras dengan pemasukan, maka akan mengalami dehidrasi. 
Pentingnya Minum Air Putih

Untuk itu sebaiknya pilih air putih sebagai pemenuhan kebutuhan cairan anda. Selain tidak mengundang masalah lain dikemudian hari, air putih juga efektif untuk membersihkan sisa pencernaan dalam tubuh daripada minuman beraroma dan beraneka rasa yang ada di pasaran.
Mengingat pentingnya untuk tidak meremehkan kebutuhan cairan dalam tubuh, untuk itu akan kami jelaskan fakta ilmiah betapa pentingnya minum cukup air putih untuk tubuh seperti dilansir dari kompas.com
Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh
Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 60 persennya terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, srkulasik, produksi air ludah, transportasi nutrisi dan mempertahankan suhu tubuh.
Membantu mengendalikan kalori
Air banyak digunakan orang sebagai strategi untuk menurunkan berat badan. "Program diet akan berhasil jika  Anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang kalori. Lalu diet dengan makanan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan, berisi dan membantu Anda memangkas kalori," ungkap peneliti dari University State of Pennsylvania Barbara Rolls, PhD, penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan.
Membantu membangkitkan otot
Sel-sel yang tidak dapat mempertahankan keseimbagan akan cairan dan elektrolit akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.
Minum air saat berolahraga juga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.
Membantu kulit tetap bercahaya
Sebenarnya kulit manusia mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng pertahanan mencegah hilangnya cairan tubuh. Namun bukan berarti kelebihan cairan dapat dijadikan sebagai cara untuk menghilangkan kerutan dari garis kulit.
Memelihara fungsi ginjal
Cairan juga memiliki fungsi untuk memperlancar makanan yang kita makan. Selain itu juga bisa mengeluarkan racun utama tubuh yakni nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urine.  
Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Namun ketika tidak cukup cairan, maka konsentrasi urine, warna dan bau akan lebih kentara karena ginjal jharus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.
Mempertahankan fungsi normal usus
Asupan cairan yang cukup akan membaut makanan yang melewati saluran cerna mampu mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika cairan tidak mencukupi, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Anda akan bermasalah.

0 komentar:

Post a Comment