Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

6 Kebiasaan Dalam Menyikat Gigi Yang Ternyata Salah

dhika info



Menyikat gigi ternyata jauh lebih kompleks ketimbang yang selama ini orang pikirkan. Beberapa faktor seperti gerakan, waktu, serta kebiasaan menyikat gigi ternayata mampu mempengaruhi kesehatan gigi.

Dr. Michael Tam seorang dokter gigi yang menjadi langganan para selebriti, diketahui ada beberapa Kebiasaan Dalam Menyikat Gigi Yang Ternyata Salah :
Kebiasaan Dalam Menyikat Gigi Yang Ternyata Salah

Berkumur usai sikat gigi
Kebanyakan orang berkumur pasca-menyikat gigi. Menurut dr Tam, hal tersebut tidak dianjurkan. “orang-orang tak sadar bahwa sebenarnya tak baik berkumur usai menyikat gigi. Tujuan menyikat gigi adalah memperbaiki dan membuat daerah mulut menjadi bersih”, oleh karena itu, dr Tam menganjurkan untuk berkumur usai 30 menit pasca menyikat gigi. Bertujuan untuk membuat kandungan pasta gigi mampu meresap terlebih dulu dan tidak langsung hilang.
Sikat gigi langsung usai makan
Makanan dan minuman asam seperti jus jeruk bisa melembutkan enamel gigi. Jadi sangat penting untuk menunggu pH di mulut menjadi seimbang. Ujar dr. Tam setidaknya tunggulah 30 menit setelah makan sebelum menggosok gigi.
Menyikat gigi terlalu keras
Menyikat gigi terlalu keras berisiko menyebabkan pengikisan pada gigi. “cobalah dengan sikat gigi yang lebuh dan menyikat lah dengan lembut” ungkap dr Tam.
Menyikat gigi kurang dari dua menit
Dr. Tam juga menambahkan, “jika anda menyikat gigi kurang dari dua menit, hal tersebut justru akan meninggalkan lebih banyak sisa makanan dan noda pada gigi. Pasta gigi berbusa juga tidak menjamin mampu mengangkat seluruh kotoran yang ada.”
Terlalu sering Ngemil
Sering ngemil juga merupakan sebuah problematika, karena terlalu sering ngemil mampu membuat gigi menjadi cepat rusak. “butuh waktu lima menit untuk air liur mentralkan pH pada daerah mulut. Jika mengemil terlalu sering setiap hari, mulut akan lebih asam dan gigi lebih mudah rusak, “ jelas dr Tam.
Menyikat gigi saat mandi
Menyikat gigi saat mandi, terutama pada pancuran air yang mengalir sebenarnya membuat aktivitas menggosok gigi jadi tak terlalu fokus. “sangat baik untuk menggosok gigi de depan cermin, jadi anda dapat melihat tiap sudut rongga mulut saat menyikatnya,” saran dr. Tam      

0 komentar:

Post a Comment