Manfaat, Tips dan Trik, Kecantikan, Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Menjaga kesehatan kulit merupakan suatu Hal yang mutlak harus dilakukan oleh kita terutama bagi mereka kaum wanita. Karena Kulit merupakan bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang penampilan seseorang. Sehingga banyak orang yang melakukan segala cara untuk menjaga kesehatan kulit. Nah, berikut ini adalah cara menjaga kesehatan kulit secara alami yang tentu Murah dan Sehat.




 Minum Air Putih
Air putih merupakan sumber daya alam yang mampu memberikan jutaan manfaat pada makhluk hidup. Salah satu manfaat yang paling menonjol adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum air, anda akan terhindar dari stress kulit. Selain menghindari stress kulit, air putih juga dapat menghindarkan anda dari kulit keriput. Jumlah minimal air yang harus anda konsumsi untuk setiap harinya adalah 8 gelas. Cara meminumnya pun bukan asal minum. Anda harus meminumnya sedikit demi sedikit agar lebih tahan lama di dalam tubuh.
Waktu Tidur yang Cukup
Cara kedua untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengatur waktu tidur dengan benar. Menurut penelitian, seseorang yang kurang tidur kulitnya akan menjadi kusam, cepat keriput dan warna kulit menjadi tidak rata. Oleh karena itu, bagi anda yang menginginkan kulit yang sehat dan kenyal, anda harus mengatur waktu tidur. Standart waktu tidur dalam jangka waktu 24 jam adalah 7 jam. Dalam waktu 7 jam tersebut, kulit akan beregenerasi sehingga keesokan harinya anda akan terlihat lebih segar.
Selain menjaga waktu istirahat, anda juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung. Sinar matahari langsung akan membuat kulit anda menjadi kusam dan kering. Karena itulah, anda harus mengenakan jaket atau sweater saat hendak pergi keluar rumah.
Hindari Makanan Mengandung Gula
Langkah berikutnya untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menghindari makanan yang banyak mengandung gula. Menurut penelitian, makanan yang mengandung gula terlalu tinggi akan menyebabkan kolagen dan elastin mengalami kerusakan. Jika sudah begitu, kulit anda akan menjadi keriput dan menjadi kendur. Karena itulah batasi konsumsi gula agar kulit anda tetap segar dan sehat. Gantilah makanan yang mengandung banyak gula dengan buah dan sayur. Hal tersebut perlu anda lakukan karena buah dan sayur merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit.
Perawatan Kulit Secara Rutin
Polusi udara membuat kulit anda menjadi kering dan kusam. Karena itulah anda perlu membersihkan kulit anda agar tetap terlihat bersih dan segar. Cucilah wajah anda setidaknya 3 kali dalam sehari. Untuk hasil optimal kita juga bisa melakukan perwatan kulit secara rutin sebelum tidur, Dalam merawat kulit baik kulit wajah maupun kulit tubuh anda tentunya ada banyak cara yang tepat. Perawatan kulit bisa dilakukan kapan saja. khususnya pagi hari, malam hari sebelum tidur, dan sehabis bepergian. Ketiga waktu tersebut sangat baik digunakan untuk anda yang sedang melakukan perawatan kulit. Menjaga kehalusan dan kelembutan kulit tentunya harus dengan teknik dan cara tertentu. Hal tersebut dilakukan agar wajah anda terlihat bersih, sehat, dan juga segar. Kesehatan kulit merupakan sesuatu yang sering kali dilupakan oleh banyak orang. Padahal kulit jug membutuhkan perawatan yang cukup dan baik. Perawatan kulit sebelum tidur dilakukan untuk menghindarkan diri dari jerawat atau komedo. Dengan rutin membersihkan kulit sebelum tidur pada malam hari, anda akan mendapat kulit wajah yang cantik dan juga sehat.
Kecantikan wajah seorang perempuan bisa dilihat dari luar dan juga dari dalam. Jangan lupa untuk selalu tersenyum. Karena dengan banyak tersenyum maka anda akan terlihat semakin cantik. Kecantikan yang berasal dari dalam pun memancar ke luar. perawatan kulit yang dilakukan setiap hari juga menjadi salah satu cara yang tepat dalam memiliki jenis kulit yang indah juga halus.
Cantik bukan hanya di siang hari. Terlihat cantik juga bisa dilakukan di malam hari. Agar sebelum anda pergi tidur anda akan tetap terlihat cantik dan segar seperti siang hari. Cara perawatan kulit sebelum tidur yang benar dan tepat bisa anda coba di rumah. Seperti misalnya :
1.    Membersihkan wajah secara rutin sebelum anda pergi tidur akan menghindarkan anda dari yang namanya jerawat. Jerawat disebabkan oleh menumpuknya kotoran yang menempel pada wajah. Sehingga jika wajah anda dibersihkan setiap malam, jerawat tentu tidak akan muncul.
2.    Banyak orang yang terkena iritasi pada kulit. Dan jika hal itu terjadi, maka anda bisa menggunakan produk yang tepat untuk menghilangkan iritasi atau kulit kemerahan. Pilih produk yang dapat menyamarkan warna kemerahan pada kulit yang iritasi tersebut dan yang membuat kulit anda terasa dingin. Oleskan di malam hari agar ia bisa bekerja dengan baik dan membuat kulit kembali segar di pagi hari.
3.    Bagian kulit yang harus dirawat dengan baik selain kulit wajah adalah kulit di bagian bawah mata. Jika bagian bawah mata anda terlihat kehitaman dan juga kering maka sebaiknya anda banyak meminum air putih setiap hari dan juga memiliki waktu tidur yang cukup. Biasanya orang yang memiliki warna kehitaman di bagian bawah mata adalah orang yang kurang tidur.
4.    Untuk menghindarkan kerutan pada wajah, anda bisa merawatnya di malam hari. Terbukti bahwa perawatan kulit sebelum tidur juga bisa membantu anda mengatasi kerutan di sekitar wajah. Sehingga anda tetap terlihat muda. Tapi hati-hati dalam memilih produk yang dapat menghilangkan kerutan tersebut, karena untuk jenis wajah sensitif maka akan lebih sensitif terhadap sinar matahari.
5.    Jangan menganggap remeh tangan yang terasa kasar. Anda bisa merawat kulit tangan anda di malam hari sebelum anda tidur. Dengan menggunakan alpukat yang bagus untuk mengobati tangan yang kasar tersebut maka tangan anda bisa kembali halus dan lembut.Perawatan kulit sebelum tidur tidak hanya dilakukan pada kulit wajah saja. tapi juga pada bagian kulit lainnya seperti tangan atau juga kaki.



Menggunakan Masker Alami

Untuk menghindarkan kulit wajah dari jerawat, gunakan masker jagung muda. Untuk menghindari wajah kusam, gunakan masker mentimun dan untuk menghindari bekas jerawat, anda dapat menggunakan masker jeruk nipis. Dan beberapa buah buahan lain yang bisa merawat dan memutihkan kulit secar alam, berikut adalah buah – buahan yang bermanfaat untuk merawat kulit dan memutihkan kulit secara alami  :
1       1.    Masker jeruk dan oatmeal
Masker ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit kita menjadi terlihat kusam dan lebih gelap, kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang tinggi pada buah jeruk juga akan membuat warna kulit kita menjadi lebih cerah. Cara membuatnya yaitu, siapkan 100 ml air jeruk, dan 2 sendok makan oatmeal. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata, kemudian oleskan pada area wajah dan leher, setelah masker agak mengering kemudian lakukan sedikit pijatan pada wajah dan leher, lalu oleskan kembali dengan masker yang masih tersisa dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

2.    Masker tomat dan kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang ampuh untuk mencerahkan kulit, sedangkan tomat memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat mengencangkan pori-pori kulit serta menjaganya dari serangan radikal bebas. Dengan menggunakan masker tomat dan kunyit maka kulit anda akan menjadi lebih cerah dan terjaga dari berbagai masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Cara membuatnya yaitu, siapkan satu buah tomat dan 1 sendok makan bubuk kunyit. Haluskan tomat dengan blender, kemudian tambahkan bubuk kunyit lalu aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata. Oleskanlah masker pada wajah dan leher sampai merata sambil melakukan pijatan lembut, diamkan selama 15-30 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

3.    Masker pepaya

Pada buah pepaya terdapat kandungan zat papain yang dapat membantu mencerahkan warna kulit kita, cara membuat masker pepaya sangatlah mudah, siapkan pepaya yang sudah matang secukupnya, kemudian haluskan dengan blender. Oleskan masker pepaya pada wajah hingga merata dan diamkan hingga masker menjadi agak mengering, setelah itu bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu pada masker pepaya untuk melembabkan dan menghaluskan kulit.

4.    Masker stroberi

Buah stroberi mengandung asam salsilat yang merupakan salah satu jenis asam beta-hidroxi yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, selain itu stroberi juga kaya berbagai jenis kandungan vitamin, seperti vitamin B, C, E, dan K, sehingga masker ini sangat cocok untuk membantu meremajakan kulit sekaligus mencerahkan warna kulit. Cara membuatnya juga tidak kalah mudah dengan masker pepaya, siapkan beberapa buah stroberi kemudian cuci bersih dan haluskan dengan blender. Oleskan masker stroberi pada wajah dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

5.    Masker alpukat

Buah alpukat memang memiliki banyak manfaat di dunia kecantikan, tak heran jika buah ini sering di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk kosmetik. Buah alpukat tinggi kandungan vitamin A, dan E, serta asam amoni yang sangat baik untuk kesehatan kulit, masker alpukat dapat membantu mencerahkan warna kulit, dan membuat kulit kita menjadi lembab dan kenyal. Cara membuatnya sangat sederhana, siapkan daging buah alpukat secukupnya, kemudian haluskan dengan blender, selanjutnya oleskanlah pada permukaan wajah dan leher secara merata. Anda juga bisa menambahkan putih telur pada masker alpukat agar hasilnya lebih maksimal.



0 komentar:

Post a Comment